Recovery Menu Login Yang Hilang di Ubuntu 11.10

Jadi gini nih gan kejadiannya, ane kan lagi coba-coba buat ganti LightDM di ubuntu ane pake Crowd Greeter. Pas ane instal, trus logout, emang berhasil 100%, tapi pas nae coba apus nih program, trus ane restart kompi, tiba-tiba...



Gonjreng, ane kgk bisa masuk ke ubuntu ane gan (hadeh, lgsg kepikiran instal ulang lg dah nih ubuntu). Akhirnya, dari OS kedua ane, Windows XP, ane cari-cari caranya balikin menu login yg ilang di mbah gugel. Frustasi kgk ketemu-temu jg, akhirnya ane kepikiran, kalo yg rusak itu paling file konfigurasi yg ada  di folder LightDM. Terus penyelesaiannya kyk gini gan :

1. Agan mesti punya LiveCD/USB nya ubuntu, terus jalanin kompi lewat LiveCD/USB tersebut.

2. Setelah msuk ubuntu lewat LiveCD/USB, klik drive yg terinstal ubuntu, agan coba liat ID partisi yg terinstal Ubuntu. Biasanya namanya panjang banget, dan campuran dari huruf dan angka. Contoh : aa97fh-76hks-6sdj6-nhk7

3. Buka folder file system > etc > lightdm.
Nah disitu kan ada tiga file, buka semuanya, dan biarin aja, nanti akan kita pakai di selanjutnya.

4. Terus buka terminal, ketikan perintah di bawah ini:

sudo gedit /media/IDpartisi/etc/lightdm/lightdm.conf         <enter>
terus buka lightdm.conf yang udah di buka di step ke 3, terus copas seluruh isinya, dan save.

contoh ane :
sudo gedit /media/aa97fh-76hks-6sdj6-nhk7/etc/lightdm/lightdm.conf         <enter>

Lakukan hal yg sama buat unity-greeter.conf dan users.conf

5. Kalo udah, tinggal restart kompi, dan akhirnya menu login akan kembali...

Buat yang demen utak-atik dan coba2 sesuatu di ubuntu, berhati2 aje, coz kalo ada kesalahan2 kyk gini, susah juga gan nanggulanginnya, tapi hal yg kyk gini malah bikin ane demen dengan ubuntu ^_^

(sory kgk ada pic gan, coz pas lg coba recover kgk smpet screnshot, lg panik :D)

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. ahirnya saya nemu jg ni caranya...kasus.a sama gan ma ane....uda mau instal ulang jg nih...hahaha,

    ane coba dulu yah...thanks gan......

    BalasHapus